ILMU CUACA


CUACA DAN PENGARUHNYA BAGI MANUSIA

  1. Cuaca

Cuaca adalah keadaan udara pada suatu tempat dalam waktu tertentu .Ilmu yang mempelajari cuaca disebut meteorology .Cuaca berbeda dengan iklim .Iklim adalah suhu rata-rata udara dalam waktu lama pada daerah yang sangat luas .Ilmu yang mempelajari iklim disebut klimatologi.

Cuaca bisa  panas atau dingin ,basah atau kering, berangin atau tidak berangin. Cuaca disebabkan oleh perubahan udara di sekeliling bumi saat udara memanas atau mendingin .Bagaimana proses terjadinya awan dan hujan ?Perhatikan gambar berikut !

Awan berasal dari uap air yang naik ke langit .Uap air terjadi karena adanya matahari terhadap air di bumi ,seperti air kolam, air danau, air laut, dan air sungai. Makin naik keatas ,suhu uap air makin turun sehingga air menjadi makin dingin. Akibatnya , terjadilah titik-titik air. Titik-titik air ini kemudian saling menyatu dan turun ke bumi dalam bentuk hujan.

  1. Kondisi Cuaca

Coba perhatikan langit diatasmu! Berawan atau biru langit di atasmu? Setiap hari, keadaan langit tidak selalu sama. Suatu saat, langit terlihat biru bersih tanpa awan, namun pada saat yang lain terlihat berawan.

  1. Cuaca Cerah

Cuaca cerah adalah cuaca yang menunjukkan langit dalam kondisi terang, sinar matahari memancar terang tetapi tidak begitu terasa panas, terdapat awan yang berlapis-lapis tipis seperti bulu-bulu serat sutra halus.

Pada saat siang hari, awan ini terlihat berwarna putih bersih.

Namun, menjelang matahari terbit dan terbenam akan terlihat berwarna merah atau kuning cerah. Angin berhembus semilir. Umumnya, hujan tidak akan turun pada saat  cuaca cerah.

  1. Cuaca Berawan

Cuaca berawan adalah cuaca  yang menunjuukan bahwa langit banyak terdapat

awan. Awan merupakan kumpulan uap air yang terdapat di udara. Uap air ini berasal dari air kolam, air danau, air laut, serta air sungai yang naik ke atas dan bergabung dengan udara karena pengaruh panas matahari.

Benarkah awan dapat berjalan?Mengapa awan dapat berjalan?Awan terlihat berjalan karena didorong oleh angin. Arah gerakan awan sesuai dengan arah gerakan angin. Artinya, jika angin bertiup ke arah utara, maka awan akan bergerak ke arah utara. Jika angin bertiup ke arah barat, maka awan akan bergerak ke arah barat, dan seterusnya.

Beberapa awan dapat bergerombol menjadi satu, sehingga menghasilkan sebuah awan yang besar. Awan yang besar tersebut dapat berubah menjadi mendung. Apabila keadaan di sekitarnya mendukung, maka mendung dapat berubah menjadi hujan.

About these ads